Kini Naik Transportasi Darat, Laut, Udara Antar Pulau Jawa Bali Tak Perlu Swab, Cukup Kartu Vaksin

Kini Naik Transportasi Darat, Laut, Udara Antar Pulau Jawa Bali Tak Perlu Swab, Cukup Kartu Vaksin

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Ilustrasi tes PCR Saliva 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - saat ini pelaku perjalanan darat menggunakan moda transportasi pribadi umum maupun kereta api sudah tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil supplier maupun rapid test antigen.

Begitu juga dengan perjalanan moda transportasi laut dan udara. Penumpang yang menggunakan transportasi kapal laut maupun pesawat tidak lagi diharuskan memiliki hasil swab fisik maupun rapid test antigen.

Sebelumnya diketahui bagi pelaku perjalanan moda transportasi darat seperti kereta api kapal laut maupun pesawat diharuskan memiliki hasil swab antigen maupun fisik yang berlaku dalam jangka waktu tertentu.

Informasi mengenai penghapusan syarat Rapid Test Antigen dan swab PCR untuk perjalanan kereta api dan pesawat tidak dibutuhkan lagi. Hal ini bersumber dari hasil Rapat Terbatas yang dilaksanakan pada 7 Maret 2022 dan disampaikan langsung oleh Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan.

Baca juga: Meriahkan Hari Perempuan Internasional dan Hari Musik dengan Berikan Gift pada Penumpang Kereta Api

Baca juga: PT KAI Daop 9 Jember Tolak 1.410 Penumpang Kereta Api yang Tak Penuhi Syarat

"Terkait penerapan swab PCR ataupun Rapid Test Antigen bagi pelaku perjalanan kereta api dan pesawat kini sudah tidak dibutuhkan lagi. Namun kami akan terlebih dahulu menuangkan dalam SE Kementerian dan Lembaga Terkait sebelum diterapkan ke lapangan," ungkap Luhut binsar Panjaitan dalam keterangan tertulis.
Hingga saat ini, terkait syarat perjalanan dalam negeri dan internasional, Kementerian Perhubungan selalu merujuk pada Surat Edaran Satgas Penanganan Covid 19. Adapun aturan yang berlaku sampai saat ini masih merujuk pada SE Satgas no 22 tahun 2021.

Kementerian Perhubungan akan melakukan penyesuaian segera setelah Satgas Covid 19 melakukan revisi terhadap ketentuan yang ada, dan segera mengumumkan kepada masyarakat luas.

Terkait penerapan tidak dibutuhkannya lagi Rapid Test Antigen dan swab PCR sebagai syarat perjalanan, ada kriteria khusus yang harus dipenuhi oleh calon penumpang.

Salah satunya penumpang harus sudah menerima vaksinasi lengkap dosis 2 atau vaksin booster. Jika calon penumpang masih mendapatkan vaksin dosis satu atau pun belum divaksin karena alasan medis, masih diharuskan untuk menunjukkan hasil Rapid Test Antigen maupun PCR

Ikuti kami di
KOMENTAR
1428 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved